Macam-macam Teknologi Anti Gores dan Kelebihannya


Ponsel genggam kerap rentan mengalami benturan atau goresan. Apalagi jika pemilik HP kurang hati-hati dalam menggunakannya. Maka, resiko kerusakaan semakin lebih cepat. Beruntung, saat ini sudah banyak produsen ponsel yang menyematkan teknologi anti-gores pada layar utamanya.

Berikut ini adalah jenis dan kelebihan dari masing-masing anti-gores tersebut:

Scratch-Resistant Glass


Anti-gores ini sejenis lapisan yang dapat melindungi layar dari goresan-goresan ringan. Cukup baik sebagai pelapis umum, supaya permukaan layar tidak mudah tergores. Beberapa smartphone yang menggunakan teknologi ini, antara lain Samsung i9103 Galaxy R, Sony Ericsson Live with Walkman, Sony Ericsson Xperia X10 mini dan Sony Xperia Neo.
 
Oleophobic Coating


Pelindung layar ini sejenis lapisan tambahan pada permukaan kaca dengan ketahanan lebih terhadap goresan. Selain itu, lapisannya menggunakan material yang tidak mudah tertempel kotoran, cairan hingga sesuatu yang berminyak. Ponsel yang memakai anti-gores ini, mulai dari Samsung Galaxy Nexus i9250, Google Nexus S, hingga Sony Xperia Tablet.

Corning Gorilla Glass 1


Teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan manufaktur kaca asal Amerika Serikat, Corning. Hingga saat ini telah hadir sebanyak 3 generasi, yaitu Corning Gorilla Glass 1, Corning Gorilla Glass 2 dan Corning Gorilla Glass 3. Selain tahan terhadap goresan, kelebihan lainnya terletak pada lapisannya yang tipis, ringan dan kuat sehingga tidak memengaruhi tingkat sensitivitas touchscreen. Materialnya sendiri mudah dibersihkan dan ramah lingkungan.
Kelemahannya, Corning Gorilla Glass 1 masih dapat pecah jika terbentur benda kasar atau keras. Pelindung layar ini sudah banyak digunakan di berbagai smartphone, seperti Samsung Galaxy SII, LG Optimus L7, HTC Desire S dan lain sebagainya.


Corning Gorilla Glass 2



Tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, Corning Gorilla Glass 2 memilki ketahanan yang sama, namun hadir dengan ukuran yang lebih tipis. Pelindung layar ini telah diaplikasikan di ponsel seperti, HTC One, Oppo Find 5, Motorola RAZR M, Samsung I9300 Galaxy S III dan masih banyak lagi.


Corning Gorilla Glass 3

Versi ini jauh lebih baik dari dua versi sebelumnya. Corning Gorilla Glass 3 memiliki ketahanan anti-gores hingga 3 kali lipat. Meskipun terjadi goresan, secara kasat mata terlihat lebih halus hingga 40 persen daripada versi sebelumnya. Ponsel high-end yang telah menggunakan pelindung layar jenis ini, seperti Samsung Galaxy 54, Asus Zenfone 6 dan masih banyak lagi.

Dragontrail Glass

Teknologi Dragontrail Glass dikembangkan oleh Asahi Glass yang mengusung kekuatan superior. Mempunyai ketebalan hanya 1mm. Pelindung layar ini diklaim mampu menahan beban hingga 60 kg dan memiliki  kekuatan 6 kali lebih tangguh. Bahkan, Dragontrail Glass mampu melewati uji tekuk (bending) dan pukulan palu tanpa mengalami retak atau pecah sedikitpun. Ponsel yang telah dibenamkan layar jenis ini antara lain Sony Ericsson Xperia Active, Sony Xperia Z dan Xiaomi MI2.
Setelah mengetahui jenis dan kelebihan dari masing-masing pelindung layar tersebut, setidaknya dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli gadgets.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar