Realisasi Produk Dalam Sistem Manajemen Kualitas

Dalam sistem manajemen kualitas, realisasi produk merupakan faktor yang penting. Realisasi produk dibagi menjadi beberapa bagian dan akan dijelaskan sebagai berikut:

a. Perencanaan Realisasi Produk

Organisasi harus merencanakan dan mengembangkan proses yang dibutuhkan untuk realisasi produk. Perencanaan dari realisasi rpoduk ini harus konsisten dengan persyaratan proses lainnya dari sistem manajemen kualitas.

b. Proses yang Berhubungan dengan Pelanggan

1) Identifikasi persyaratan yang berhubungan dengan produk

2) Tinjauan persyaratan yang berhubungan dengan produk

3) Komunikasi dengan pelanggan

c. Desain dan pengembangan

1) Perencanaan desain dan pengembangan

2) Input desain dan pengembangan

3) Output desain dan pengembangan

4) Tinjauan desain dan pengembangan

5) Verifikasi desain dan pengembangan

6) Validasi desain dan pengembanga

7) Pengendalian perubahan desain dan pengembangan

d. Pembelian

1) Proses pembelian

2) Informasi pembelian

3) Verifikasi produk yang dibeli

e. Produksi dan Penyediaan Jasa

1) Pengendalian produksi dan penyediaan jasa

2) Validasi proses produksi dan penyediaan jasa

3) Indentifikasi dan mampu telusur

4) Properti pelanggan

5) Pemeliharaan produk

f. Pengendalian, Pengukuran, dan Pemantauan Alat

Organisasi harus menentukan pemantauan dan pengukuran yang dilakukan serta pemantauan dan pengukuran sarana yang dibutuhkan untuk menyediakan bukti-bukti kesesuaian produk pada persyaratan yang ditetapkan. Organisasi harus membuat proses untuk memastikan bahwa pemantauan dan pengukuran dilakukan secara konsisten sesuai persyaratan pemantauan dan pengukuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar