Sejarah Perkembangan Bisnis Kodak Company

Sejarah Kodak

Menurut Alfi (2012) menyatakan, “dimulai ketika pada 1870-an, 24 tahun George Eastman berencana liburan dari pekerjaannya di Rochester, New York sebagai pegawai bank. Seorang rekan kerja menyarankan agar dia membuat foto-foto liburan, dan ia menemukan bahwa untuk melakukan beberapa fotografi, kita harus membawa beban besar kamera, basah-piring mengembangkan bahan kimia, dan hal-hal lain.”

Setelah tiga tahun pengembangan produk kodak, melakukan pengembangan dengan sebuah piring kaca kering untuk kepuasanya. Dia punya hak paten AS untuk beberapa alat-alat ia mengembangkan dan mulai memproduksi pada tahun 1880 ini. Setahun kemudian, bergabung dengan seorang pengusaha, ia pergi purna waktu dengan bisnis fotografi dan meninggalkan pekerjaannya di bank.

Visi dan Misi Kodak

Visi

Menjadi pionir kamera pertama dengan beberapa produk yang di produksi oleh kodak company, dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Misi

Menciptakan inovasi terhadap dunia fotografi dengan keunggulan produk kodak yang sudah mendunia.

Laporan Keuangan Kodak

Nilai pasar Kodak telah amblas di bawah 100 juta dolar AS dari 31 miliar dolar AS yang dicapai 15 tahun lalu ketika harga sahamnya bertengger di 94 dolar AS.  Tapi kini harga sahamnya hanya 30 sen. Kodak akhirnya memenangkan persetujuan resmi hakim kepailitan AS Allan Gropper untuk mendapatkan dana talangan senilai 650 juta dolar AS dari konsorsium pimpinan Citigroup Inc. Jumlah ini kurang 300 juta dolar AS dari yang diminta Kodak.  Tapi itu cukup membantu perusahaan untuk tetap beroperasi dan menghindari dilikuidasi. Eastman Kodak Company (NYSE: EK) hari ini melaporkan hasil kuartal kedua yang mencerminkan momentum berkelanjutan dari pertumbuhan bisnis inti digital perusahaan, peningkatan biaya bahan baku, investasi berkelanjutan dalam pertumbuhan bisnis tertentu, dan kinerja kas yang mencerminkan pola musiman perusahaan.

Struktur Organisasi Kodak

clip_image002

Perkembangan Kodak Company

· Pada tahun 1888 : kamera kodak awal berharga 25 dolar amerika dapat digunakan untuk mengambil 100 gambar dengan satu film gulung.

· Pada tahun 1892 : kodak berganti nama menjadi Eastman Kodak Company of New York. Pada saat ini, produk Kodak telah mencapai distribusi di luar Amerika Serikat, terutama di Perancis, Jerman, dan Italia dengan kantor pusat di London dan sebuah pabrik di luar London.

· Pada tahun1898 : dengan memudahkan konsumen dalam membeli kamera, Kodak mengembangkan Folding Pocket Camera Kodak. Ini adalah ayah dari kamera roll-film modern. Brownie kamera diperkenalkan pada $1 setiap dan film pada 15 sen per roll.

· Pada tahun 1923 : kodak memperkenalkan film Kodacolor film, kamera dan proyektor dan menjualnya dengan harga terjangkau. perusahaan yang diberikan pemerintah AS dengan kamera udara dan dilatih US Sinyal Corps juru kamera selama Perang Dunia 1.

· Pada tahun 1927 : kodak berhasil memonopoli industri fotografi di Amerika serikat.

· Pada tahun 1963 : kodak memperkenalkan kamera Instamatic. Ini revolusi fotografi amatir dan menjadi seperti hit besar karena ini terjangkau dan mudah digunakan.

· Pada tahun 1970 : kodak memperkenalkan produknya solid-state atau kejernihan untuk sensor gambar yaitu mengubah cahaya ke gambar digital untuk penggunaan pada tingkat profesional dan konsumen rumah tangga.

· Pada tahun 1975 : kodak memunculkan kamera digital dengan berat 3,6 kilogram dengan 0,01 mega pixel, pengambilan gambar pun butuh waktu ekspose 23 detik.

· Pada tahun 1987 : kodak merilis tujuh produk untuk merekam, menyimpan, memanipulasi, transmisi elektronik, dan mencetak sesuatu seperti gambar suatu objek.

· Pada tahun 1990 : Kodak mengembangkan sistem foto CD dan mengusulkan pertama kalinya di seluruh dunia untuk menetapkan standar warna digital dalam lingkungan komputer dan peripheral komputer.

· Pada tahun 1991, Kodak merilis pertama kalinya untuk para profesional, suatu sistem dalam pemotretan yanitu Digital Camera System (DCS), yang bertujuan untuk photo journalist. Kameratersebut adalah Nikon F-# yang dilengkapi dengan sensor 1.3 Megapixels.

· Pada tahun 1995 : kodak menggunakan media USB ( Unit Serial Bus ) untuk transfer file dari kamera buatanya, yaitu kodak DC40 pada tanggal 28 maret 1995.

· Pada tahun 2008 : kodak meluncurkan produk pocket HD video camera dengan bentuk yang lebih simpel dan hampir menyamai bentuk handphone.

· Pada tahun 2011 : kodak mengalihkan pembuatan film dan kamera ke produk baru yaitu printer.

ETOP (Environtmental Threats and Oppurtunities Profile)

Sosio Ekonomi

Semakin banyanya pesaing dari kodak hingga menyebabkan kerugian yang menyebabkan 90% saham dari kodak dijual dan

Teknologi

Terlambatnya kodak dalam menanggapi perubahan teknologi yang menyebabkan produk kodak kurang berkembang dan kurangnya inovasi yang di inginkan konsumen.

Pemerintah

+ adanya dukungan dari pemerintah untuk memngembangkan usahanya kembali.

+ Kodak yang memiliki brand equity yang kuat menyebabkan mudahnya masuk kenegara tujuan

Pelanggan

Banyaknya pelanggan dari kodak beralih ke produk lain dikarenakan kurangnya inovasi produk.

Hilangnya pasar dari kodak dengan adanya perusahaan lain yang masuk di dunia fotografi.

+ Masih adanya respon pelanggan akan produk kodak terbukti dengan media tersebut di facebook terdapa 250 milion pelanggan, di twiter 44 milion pengikut, blog 112 milion orang, you tube 375 bilion orang yang menyukai.

Pemasok

Banyaknya pemasok yang beralih ke perusahaan lain yang lebih mempercayai canon yang lebih mengikuti perubahan teknologi.

Pesaing

Pesaing dari kodak yang sudah melakukan perubahan terhadap produknya.

Kodak masih memiliki kekuatan pada merek yang sudah mendunia.

International

Produk kodak yang sudah tidak beredar di pasaran dalam bentuk media fotografi.

Tidak adanya sosialisai tentang peralihan produk dari kamera ke printer yang menyebabkan daya beli konsumen menurun.

SAP (Strategic Advance Profile/ Profil Keunggulan Strategis)

Pemasaran/pelayanan

Semakin minimnya ruang lingkup pasar dari kodak yang sudah di ambil alih perusahaan lain.

Keuangan

Dengan penjualan hak paten yang dilakukan kodak menyebabkan keuangan kodak mengalami krisis.

Nilai pasar Kodak telah amblas di bawah 100 juta dolar AS dari 31 miliar dolar AS yang dicapai 15 tahun lalu ketika harga sahamnya bertengger di 94 dolar AS.  Tapi kini harga sahamnya hanya 30 sen.

+ Masih adanya pihak yang percaya dengan kodak yang dapat meminjami dana ke kodak yang akhirnya memenangkan persetujuan resmi hakim kepailitan AS Allan Gropper untuk mendapatkan dana talangan senilai 650 juta dolar AS dari konsorsium pimpinan Citigroup Inc

Penentuan Strategi Yang Digunakan Kodak

clip_image004

Pada tabel diatas posisi produk kodak pada tahap ke IV yaitu mengalami penurunan minat konsumen akan produk kodak tersebut. Dalam tahun 2012 kodak mengalami banyak kehilangan pasarnya hingga 90% telah diambil alih oleh para pesaing yang memproduksi produk serupa dengan kodak. Strategi yang saya kira yang perlu diterapkan oleh kodak adalah Retrenchment Strategy. Strategi ini dapat digunakan apabila suatu perusahaan tersebut mengalami keunduran dalam proses produksinya.

Strategi Retrencment adalah strategi dengan cara mengurangi atau memperkecil usaha yang dilakukan perusahaan. Menurut Daran (2008) menyatakan.

KONDISI:

- bisnis yang sudah ada tidak lancar lagi

- pasar atau lingkungan sudah tidak berpeluang lagi

- life cycle sudah pada tahap IV (kejenuhan)

- ada bisnis/kegiatan/produk/pasar lain yang lebih baik

KEUNTUNGAN:

- dapat menghindari kondisi yang lebih parah

- hasil divestasi dapat dimanfaatkan pada yang lebih baik

- kondisi lebih kompak dan stabil

KELEMAHAN:

- kegiatan menurun

- kepercayaan dan pasar dapat berkurang

COCOK UNTUK BISNIS

- yang sedang mengalami kemunduran (declining)

- ada ancaman/kondisi yang tak bisa dihindari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar