Pengertian Pasar Saham Nasdaq, Order Nasdaq, Segmen Pasar Nasdaq serta Peran Pasar Saham Nasdaq Di Pasar Efek pada Pasar Ekuitas, Bursa Regional, Saham-Saham Over The Counter, ECNs dan After Hours Trading

PASAR SAHAM NASDAQ

Berkebalikan dengan dua pasar lelang NYSE dan Amex, Nasdaq mempersaingkan pasar dealer yang terdiri dari sejumlah jaringan dealer (market makers) yang menciptakan pasar dengan memperjualbelikan efek pada harga tertentu. Berbeda dengan pialang, dealer mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan beli.

Saham yang diperdagangkan do Nasdaq adalah saham-saham yang tidak terdaftar di NYSE dan Amex. Dengan demikian saham-saham ahanya didaftarkan hanya di salah satu dari tiga pasar tersebut. Namun, terdapat kemungkinan bahwa saham tersebut diperdagangkan di tempat lain seperti Electronic Communication Networks (ECNs).

NAsdaq saat ini merupakan perusahaasn public yang tidak mempunyai lokasi tertentu, namun menghubungkan sekitar 600 pelanggan di kisaran 1000 lokasi. Nasdaq menyebut dirinya sebagai pasar terbesar ekuitas efek electronic screen based.

Order Nasdaq datang dari :
- dealer (market makers) yang membuat pasar di saham Nasdaq
- ECNs
- Pialang Online seperti E-Trade

Ketiga pihak diatas bersaing secara bebas melalui jaringan elektronik dan bukan di lantai bursa saham. Nasdaq menggunakan pendekatan terbuka, dimana tidak ada batas tetap utk partisipan di dalam bursa.Siapapun bisa bergabung dan bersaing di Nasdaq.

Di Pasar efek, nasdaq menghubungkan beberapa perusahaan penyedia likuiditas untuk saham tertentu, mengijinkan terjadinya kompetisi secara efisien. Pasar Nasdaq memfasilitas penawaran dan order, mengkonsolidasikan kedalam satu rekaman.

Masing-masing perusahaan yg terdaftar di nasdaq memiliki beberapa dealer ( minimum 2 dan atau rata-rata 1) untuk menciptakan pasar. Dealer –dealer ini menyediakan likuiditas saham (menjual dan membeli saham), dealer harus menyampaikan penawaran harga jual dan harga tawar beli saham di system nasdaq.

Segmen Pasar Nasdaq

  1. Pasar Nasional Nasdaq, merupakan gabungan pasar market makers (dealer) dan perdagangan dari menit ke menit / up to the minute reporting trade. Sistem menggunakan data yang mirip digunakan di NYSE & amex (spesifik, harga tertinggi, terendah, harga penutupan, volume, dan perubahan harga per hari). Pasar ini secara luas terdiri dari sekitar 4000 perusahaan dan dikenal sebagai saham-saham NMS. Saham NMS ini menguasai 90 persen volume Nasdaq
  2. Pasar Small Cap, terdiri dari saham-saham kecil yang belum mencapai syarat utk menjadi saham nasional (syarat : minimum bid price $1/lembar saham selama 30 hari perdagangan)

Pasar saham Nasdaq telah menjadi pemain utama di pasar efek, dimana jumlah perusahaan terdaftar dan volume perdagangan lebih besar dibanding NYSE. Namun penurunan pasar yang tajam terjadi pada kurun 2000-2002 telah merubah pasar Nasdaq. Index Nasdaq turun dari 5.048 pada maret 2000 ke level 1200 pada tahun 2002.

PERBANDINGAN ANTAR TIGA PASAR EKUITAS UTAMA

Pada tahun 2004 Nasdaq membukukan 62% dari total volume pasar domestic US disbanding NYSE 36% dan Amex 2%.

BURSA REGIONAL

US memiliki beberapa bursa saham regional, termasuk : Boston, Chicago, Cincinnati, Pacific, dan Philadephia. Bursa ini diperuntukan untuk perusahaan-perusahaan dengan ketertarikan pada saham-saham local. Hal ini memungkinkan pialang local yang tidak terdaftar di bursa nasional utk melakukan perdagangan.

SAHAM-SAHAM OVER THE COUNTER (EFEK TIDAK TERDAFTAR)

Merupakan saham-saham yang tidak terdaftar dbai bursa efek . Efek2 ini diperdagangkan melalui dua cara:

  1. Perusahaan yang terdaftar dalam Securities Exchange Comission (SEC) bsia diperdagangkan di OTC Bulletin Board (OTCBB). OTCBB terdiri dari beberapa dealer yang memperdagangkan saham melalui jaringan computer tertutup.
  2. Perusahaan yang tidak terdaftar dalam SEC bisa diperdagangkan melalui pink sheet LLC, sebuah perusahaan kepemilikan swasta. Saham-saham diperdagangkan melalui realtime internet based. Biasanya memperdagangkan saham perusahaan perusahaan yang nilai sahamnya kecil atau perusahaan yang mengalami permasalahan keuangan.

ELECTRONIC COMMUNICATION NETWORKS (ECNs)

ECN adalah jaringan computer perdagangan yang mempertemukan transaksi jual dan beli dari pelanggan mereka sendiri. Setiap order yang diterima ditampilkan pada system computer ECN , ECN menampilkan pena waran jual dan beli saham untuk bsia dilihat oleh semua pemain saham.

ECN merupakan system otomatis, hemat biaya, dan bebas dari kepentingan pialang.

AFTER HOURS TRADING

Saham pada kondisi normal diperdagangkan mulai pukul 9.30 pagi sd. 4 Sore. Sistem ECN s memungkinkan investor untuk melakukan transaksi diluar jam tersebut (4 sore – 8 pagi)

1 komentar:

  1. Informatif sekali artikelnya kak, Perbedaan utama antara keduanya adalah dalam prinsip perdagangan mereka. NYSE adalah pasar untuk lelang, sementara NASDAQ tampil sebagai pasar untuk dealer.Perdagangan di NYSE bersifat fisik, di mana pembeli dan penjual membandingkan harga penawaran dan juga meminta harga untuk saham yang ingin mereka perdagangkan.

    BalasHapus