Profil Bisnis Prabowo Subianto

Prabowo Subianto, siapakah dia? Dan bagaimana karirnya di duniah bisnis?. Pasti tak asing bagi masyarakat indonesia mengenal prabowo subianto. Dia adalah calon presiden Republik Indonesia tapi juga pebisnis indonesia yang sukses dan mempunyai 27 perusahaan di dalam negeri dan luar negeri. Berikut akan dijelasakan tentang profil dan karir Prabowo Subianto di bidang bisnis.

 

Letnan Jendral H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo merupakan nama lengkap dari prabowo subianto. Beliau lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Ia adalah Presidon dan CEO PT  Tidar Kerinci Agung yang bergerak dalam bidang produksi minyak kelapa sawit, lalu PT Nusantara Energy yang bergerak dalam bidang migas, pertambangan, pertanian, kehutanan dan pulp, juga PT Jaladri Nusantara yang bergerak di bidang perikanan. 

 

Setelah meninggalkan karier militernya, Prabowo memilih untuk mengikuti karier adiknya, Hashim Djojohadikusumo, dan menjadi pengusaha. Karier Prabowo sebagai pengusaha dimulai dengan membeli Kiani Kertas, perusahaan pengelola pabrik kertas yang berlokasi di Mangkajang, Kalimantan Timur. Sebelumnya, Kiani Kertas dimiliki oleh Bob Hasan, pengusaha yang dekat dengan Presiden Suharto. Prabowo membeli Kiani Kertas enggunakan pinjaman senilai Rp 1,8 triliun dari Bank Mandiri.

 

Selain mengelola Kiani Kertas, yang namanya diganti oleh Prabowo menjadi Kertas Nusantara, kelompok perusahaan Nusantara Group yang dimiliki oleh Prabowo juga menguasai 27 perusahaan di dalam dan luar negeri. Usaha-usaha yang dimiliki oleh Prabowo bergerak di bidang perkebunan, tambang, kelapa sawit, dan batu bara.

 

Pada Pilpres 2009, Prabowo ialah cawapres terkaya, dengan total asset sebesar Rp 1,579 triliun dan US$ 7,57 juta, termasuk 84 ekor kuda istimewa yang sebagian harganya mencapai 3 miliar per ekor serta sejumlah mobil mewah seperti BMW 750Li dan Mercedes Benz E300. Kekayaannya ini besarnya berlipat 160 kali dari kekayaan yang dia laporkan pada tahun 2003. Kala itu ia hanya melaporkan kekayaan sebesar 10,153 miliar.

 

Berikut Ini adalah daftar perusahaan milik Prabowo Subianto:

1. PT Kiani Kertas atau PT Kertas Nusantara (kertas dan bubur kertas)

2. PT Kiani Hutan Lestari (kehutanan & perkebunan)

3. PT Belantara Pusaka (kehutanan & perkebunan)

4. PT Tanjung Redeb Hutani (kehutanan & perkebunan)

5. PT Tusam Hutani Lestari (kehutanan & perkebunan)

6. PT Tidar Kerinci Agung (kelapa sawit)

7. PT Erabara Persada Nusantara (pertambangan)

8. PT Nusantara Wahana Coal (pertambangan)

9. PT Nusantara Kaltim Coal (pertambangan)

10. PT Batubara Nusantara Coal (pertambangan)

11. PT Kaltim Nusantara Coal (pertambangan)

12. PT Nusantara Santan Coal (pertambangan)

13. PT Nusantara Berau Coal (pertambangan)

15. PT Jaladri Swadesi Nusantara (perikanan)

16. PT Gardatama Nusantara (jasa keamanan)

17. PT Tribuana Antarnusa (jasa)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar