Tugas jaringan nirkabel, materi jaringan nirkabel, teknologi komunikasi gsm dan cdma

GSM

1. Teknologi Generasi 1 (Pertama)

Telpon genggm generasi pertama disebut juga 1G. 1-G merupakan telepon genggam pertama yang sebenarnya. Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp menemukan telepon seluler pertama dan diperkenalkan kepada public pada 3 April 1973. Telepon seluler yang ditemukan oleh Cooper memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gram. Penemuan inilah yang telah mengubah dunia selamanya. Teknologi yang digunakan 1-G masih bersifat analog dan dikenal dengan istilah AMPS. AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz dan dioperasikan pada Band800 Mhz. Karena bersifat analog, maka sistem yang digunakan masih bersifat regional. Salah satu kekurangan generasi 1-G adalah karena ukurannya yang terlalu besar untuk dipegang oleh tangan. Ukuran yang besar ini dikarenakan keperluan tenaga dan performa baterai yang kurang baik. Selain itu generasi 1-G masih memiliki masalah dengan mobilitas pengguna. Pada saat melakukan panggilan, mobilitas pengguna terbatas pada jangkauan area telpon genggam.

Generasi pertama   ini   menggunakan   teknik   komunikasi   yang disebut Frequency Division Multiple Access (FDMA). Teknik   ini   memungkinkan   untuk   membagi-bagi alokasi   frekuensi   pada   suatu   sel   untuk   digunakan masing-masing   pelanggan   di   sel   tersebut,   sehingga setiap   pelanggan   saat   melakukan   pembicaraan   memiliki   frekuensi   sendiri   (prinsipnya seperti pada stasiun radio dimana satu stasiun radio hanya  menggunakan satu frekuensi untuk siarannya). AMPS (Advanced Mobile Phone Service) , NMT (Nordic Mobile Telephony) termasuk dalam teknologi 1G ini.

Kemampuan teknologi 1 G :

Kemampuan teknologi 1 G ini  bisa melayani komunikasi suara

Kelemahan teknologi 1 G :

Penggunaan   teknologi   analog   pada   generasi   pertama   menyebabkan   banyak keterbatasan  yang dimiliki seperti kapasitas  trafik yang kecil, jumlah pelanggan yang dapat ditampung dalam satu sel sedikit, dan penggunaan spektrum frekuensi yang boros karena satu pengguna menggunakan satu buah kanal frekuensi. Derau intemodulasi (suara tidak jernih).

2. Teknologi Generasi 2 (Kedua)

Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990-an. 2G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM. GSM menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz. Dengan frekuensi tersebut, GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar. Pada generasi 2G sinyal analog sudah diganti dengan sinyal digital. Penggunaan sinyal digital memperlengkapi telepon genggam dengan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS.

Telepon seluler pada generasi ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yang lebih kecil juga dikarenakan kebutuhan tenaga baterai yang lebih kecil. Keunggulan dari generasi 2G adalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yang membahayakan pengguna.

Kemampuan teknologi 2G :

Generasi kedua selain digunakan untuk komunikasi suara, juga bisa untuk SMS (Short Message Service  adalah layanan dua arah untuk mengirim pesan pendek sebanyak 160 karakter), voice mail, call waiting, dan transfer data dengan kecepatan maksimal 9.600 bps (bit per second). Kecepatan sebesar itu cukup untuk mengirim SMS, download gambar, atau ringtone MIDI.  Kelebihan 2G dibanding 1G selain layanan yang lebih baik, dari segi kapasitas juga lebih besar. suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih, karena berbasis digital, maka sebelum dikirim sinyal suara analog   diubah   menjadi   sinyal   digital.  

Kelemahan teknologi 2 G:

Kecepatan transfer data masih rendah. Tidak efisien untuk trafik rendah.Jangkauan jaringan masih terbatas dan sangat tergantung oleh adanya BTS (cell Tower).

3. Teknologi Generasi 3 (Ketiga)

Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini. Tapi yang menarik pada generasi ini adalah mulai dimasukkannya sistem operasi pada ponsel sehingga membuat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati fungsi PC. Sistem Operasi yang digunakan antara lain Symbian, Android dan Windows Mobile

Kelebihan 3G dari generasi-genersi sebelumnya :

1. Kualitas suara yang lebih bagus.

2. Keamanan yang terjamin.

3. Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk lokal/Indoor/slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access.

4. Support   beberapa   koneksi   secara   simultan,   sebagai   contoh,   pengguna   dapat browse   internet   bersamaan   dengan   melalukan   call   (telepon)   ke   tujuan   yang berbeda.

5. Infrastruktur bersama dapat mensupport banyak operator dilokasi yang sama. Interkoneksi ke other mobile dan fixed users.

6. Roaming nasional dan internasional.

Kelemahan Teknologi 3G

Memerlukan Kontrol Daya  “Ideal” dan belum mencukupinya  kecepatan transfer data   dalam   melayani   layanan   multimedia   yang   memerlukan   kecepatan   yang mumpuni.

4. Teknologi Generasi 4 (Keempat)

Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing,online game, dan lain-lain.

Kelebihan 4G dari generasi-genersi sebelumnya :

Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Sejarah CDMA

CDMA pertama kali dipergunakan oleh pasukan militer Amerika Serikat yang melawan tentara German pada perang dunia II. Pada zamannya, CDMA digunakan sebagai pengacak kode pesan yang dikirimkan agar tidak terlacak oleh tentara German.

Kemudian CDMA dipergunakan lagi oleh Amerika pada perang Teluk untuk melawan Irak. Melihat dari sejarahnya , maka tidak heran jika CDMA memiliki tingkat keamanan dan kejernihan data yang lumayan tinggi. Seiring dengan perkembangan zaman, pada tahun 1995 Perusahaan Telekomunikasi Qualcomm CDMA pun mulai digunakan secara komersial. Sejak kali pertama digunakan secara komersial , teknologi inipun mengalami beberapa peningkatan. Dan setiap perkembangan yang dimiliki oleh CDMA sendiri memiliki standarnya masing-masing. CDMA yang pertama kali digunakan dikenal dengan nama CDMA one atau biasa ditulis dengan cdmaone ( IS-95 ). Teknologi cdmaone menawarkan kecepatan 14.4 Kbps sampai dengan 115 Kbps, tergantung pada standarnya. Sebab dalam CDMA versi pertama ada dua macam standar yang dikenal. Pertama IS-95A dan yang kedua IS-95B.

IS-95A : Standar inilah yang memiliki kecepatan 14.4 Kbps standar ini juga adalah standar CDMA pertama yang digunakan secara komersial. Lebar frekuensi yang digunakan oleh standar IS-95A adalah 1,25 MHz. IS-95A kali pertama diterapkan pada tahun 1996.

IS-95B : Jika pada IS-95A banyak idisebut sebagai teknologi 2,5 G , dengan menggunakan standar ini ,CDMA dapat digunakan juga sebagai transfer data dengan kecepatan 115 Kbps.

Teknologi IS-95B pertama kali diterapkan di Korea. Lebar frekuensi yang digunakan lebih lebar dari standar sebelumnya yakni menggunakan lebar frekuensi 1,8 GHz sampai 2 GHz.
CDMA adalah teknologi yang tepat yang akan membawa kita lepas ketingkat selanjutnya yang dikenal dengan 3G ( generasi ketiga ). Oleh karena selain cdmaOne dalam CDMA 2000 ada dua standar yang digunakan . pertaama CDMA 2000 1X dan kedua CDMA 20001XEV.

CDMA20001X : CDMA ini memiliki kapasitas suara dua kali lipat dibandingkan dengan cdmaOne. Dan kecepatan transmisinya dapat mencapai 307 Kbps. Teknologi ini juga pertama kali diimplementasikan di Korea pada Oktober tahun 2000, termasuk di Indonesia.

CDMA2000 1XEV : untuk teknologi ini ada dua standar, yaitu CDMA 1X EV-DO dan CDMA 1X EV-DV. Masing-masing memiliki kemampuan kecepatan yang berbeda. Kecepatan CDMA 1X EV-DV adalah 2,4 Mbps sedangkan kecepatan CDMA 1X EV-DO adalah 3,09 Mbps. Sangat jauh sekali dengan dua teknoloi sebelumnya. Kecepatan yang dimiliki ini oleh kedua standar inilah yang menjadikan alasan mengapa teknologi CDMA sangat tepat untuk 3G. kecepatan ini sangat cocok digunakan tidak hanya unutk suara saja, melainkan juga untuk komunikasi data multimedia. Baik yang bersifat recorded ataupun yang bersifat life streaming, seperti menonton berita atau melakukan video conferencing.

Keuntungan CDMA

Teknologi CDMA sendiri memiliki berbagai keuntungan jika diaplikasikan dalam sistem seluler. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:

  • Hanya membutuhkan satu frekuensi yang dibutuhkan untuk beberapa sektor/cell
  • Tidak membutuhkan equalizer untuk mengatasi gangguan spektrum sinyal
  • Dapat bergabung dengan metode akses lainnya, tidak membutuhkan penghitung waktu (guard time) untuk melihat rentang waktu dan penjaga pita (guard band) untuk menjaga intervensi antarkanal
  • Tidak membutuhkan alokasi dan pengelolaan frekuensi
  • Memiliki kapasitas yang halus untuk membatasi para pengguna akses
  • Memiliki proteksi dari proses penyadapan

CARA KERJA CDMA

Jika pada GSM pemecahan spektrum ferkuensi menjadi 3 ( suara menjadi lebih bersih), dengan CDMA spektrum frekuensi akan dipecah menjadi 128 kali. Pemecahan ini tidak hanya akan menjadikan suara menjadi lebih bersih, tetapi juga menambah jumlah kapasitas pengguna dalam satu waktu yang sama. Ternyata tidak hanya pelanggan saja yang diuntungkan dengan kelebihannya ini, namun operator penyedia juga diuntungkan sebab hal ini menandakan bahwa infrastruktur CDMA menjadi lebih murah untuk dibangun dibandingkan dengan infrastruktur untuk GSM.

Sebenarnya bagaimana cara kerja dari CDMA ini ?
Ketika suara memasuki base station ( BTS), maka suara tersebut akan di ubah menjadi kode digital. Kemudian kode yang telah didapat dipadatkan lagi dengan sebuah alat yang dinamakan Vocoder. Dari vocoder kemudian Bit tersebut dilipat gandakan dengan alat yang dinamakan dengan Convolution Encoder , sehingga memiliki kecepatan sampai 19200bps. Lalu, dengan alat yang dinamakan dengan Walsh Code, kode tersebut dilipat gandakan lagi sebanyak 64 kali, yang kemudian hasilnya disebut dengan exclusive OR. Kemudian juga ada sebuah alat yang dinamakan Pseudo-Random Number Generator yang akan melipat gandakan kode sebanyak 64 kali lagi, sehingga jumlah pelipatgandaan menjadi 128 kali.

Sumber :

1) http://id.wikipedia.org/wiki/TeknologiKomunikasi

2) http://rendy-pc.blogspot.com/2012/03/pemahaman-apa-itu-teknologi-4g.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar